Selasa, 09 April 2013

Pelajaran Bahasa Inggris Sesuai Tingkatannya

Pelajaran bahasa Inggris memang menjadi pelajaran yang dianggap susah, tetapi merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib di sekolah. Kenapa? Kebanyakan pelajaran bahasa Inggris diajarkan dengan guru yang tegas dan menakutkan, juga cara belajar yang monoton dan membosankan. Padahal, bahasa Inggris tidak sesusah yang dibayangkan. Jika siswa berusaha menyukai pelajaran bahasa Inggris dari awal, mereka akan dengan senang hati menerima pelajaran tersebut, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Pelajaran bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah berbeda-beda sesuai dengan tingkatannya. Dulu, bahasa Inggris diajarkan pertama kali pada siswa tingkat pertama (SMP). Sekarang, siswa tingkat dasar (SD) sudah mulai diajarkan bahasa Inggris. Bahkan, di beberapa sekolah internasional dan memiliki standar tinggi, bahasa Iggris diajarkan saat siswa masuk TK dan di  kelas 1 SD, karena sekolah tersebut menganggap bahwa bahasa Inggris merupakan pelajaran terpenting yang harus diajarkan sejak dini.

Pelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak yang pemula berawal dengan mengajarkan cara membaca huruf-huruf dengan bahasa Inggris mulai dari A hingga Z. Biasanya pelajaran ini sekaligus mengajarkan siswa cara membaca yang benar, baik dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kemudian, setelah siswa naik satu tingkat lebih tinggi, mereka akan diajarkan untuk membaca kata per kata berikut dengan artinya dalam bahasa Indonesia.

Mulai dari saat itu, siswa akan belajar menghafal dan mengumpulkan vocabulary untuk mempelajari pelajaran lainnya di tingkat berikutnya. Di sekolah biasa, siswa sudah diajarkan cara membaca yang benar dengan bahasa Indonesia sejak kelas 1, sehingga saat mereka menerima pelajaran bahasa Inggris, mereka bisa lebih mudah dikenalkan pada cara membaca huruf-huruf dalam bahasa Inggris.

Memasuki SMP, siswa sudah belajar membuat kalimat yang nantinya akan dirangkai menjadi suatu paragraf. Di sini, siswa baru diajarkan grammar yang sederhana dan mudah. Semakin naik kelas, siswa akan diajarkan pada grammar yang lebih rumit lagi. Dengan begitu, mereka sudah dapat membuat kalimat yang panjang sendiri. Di SMA, mereka sudah dituntut untuk menguasai bahasa Inggris, baik untuk pelajaran menulis, berbicara, dan mendengarkan.

Setelah mereka lulus dari sekolah, mereka dianggap sudah mahir berbahasa Inggris, karena setelah memasuki perguruan tinggi, mereka lebih banyak belajar mempraktikkan pelajaran yang pernah mereka miliki. Oleh karena itu, pelajarilah bahasa Inggris dengan baik saat masih di sekolah agar tidak menyesal karena tidak bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik di dunia perkuliahan dan kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar