Senin, 08 April 2013

Raih Kesuksesan dengan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang masuk ke dalam kurikulum pendidikan. Itu artinya, bahasa Inggris merupakan bahasa yang penting dan wajib untuk dipelajari sebagai bahasa penghubung antar negara. Di semua sekolah, bahasa Inggris sudah mulai diperkenalkan sejak dini hingga seseorang memasuki tingkat pendidikan di perguruan tinggi. Semakin pandai seseorang menggunakan bahasa Inggris, ia akan semakin memiliki nilai tambah bagi orang lain.

Pentingnya bahasa Inggris ditandai dengan beberapa faktor yang kemudian membuat seseorang diharuskan untuk menguasainya. Di sekolah, bahasa Inggris menjadi faktor penentu kelulusan seorang siswa pada ujian akhir kelulusan. Setelah selesai menduduki bangku pendidikan, seseorang yang akan memasuki dunia kerja juga diharuskan memenuhi syarat yang salah satunya tertulis harus menguasai bahasa Inggris, baik aktif maupun pasif. Bagi seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri juga diharuskan menguasai bahasa Inggris agar ia dapat berhubungan dengan penduduk di negara tujuan dengan lancar menggunakan bahasa Inggris.

Bagi sebagian orang yang dianggap 'mampu' akan menyekolahkan anak mereka di sekolah internasional yang berbasis bahasa Inggris, atau menempatkan anak mereka di kursus bahasa Inggris tepercaya untuk mendapatkan pendidikan bahasa Inggris lebih banyak dibandingkan pelajaran yang lain. Dengan begitu, diharapkan anak tersebut dapat menguasai dengan baik sehingga pada saat ia dewasa, ia dapat memiliki berbagai prestasi dengan latar belakang bahasa Inggris yang kemudian memberikan ia nilai tambah dan mempermudah ia dalam mencapai tujuan.

Melihat kenyataan itu, sangat terlihat jelas bahwa bahasa Inggris memiliki peran penting dalam sebuah  pencapaian prestasi yang ada di dalam diri seseorang. Kepandaian seseorang dalam beragam bahasa akan membawa orang tersebut memiliki kemudahan dalam meraih posisi yang diinginkan, misalnya dalam hal pekerjaan atau pendidikan.

Dalam pekerjaan, seseorang akan memiliki posisi yang tinggi apabila ia bisa menguasai bahasa Inggris atau bahkan bahasa yang lain. Hal itu dapat membantu sebuah perusahaan dalam membangun hubungan dengan perusahaan lainnya. Dalam pendidikan, seseorang bisa mendapatkan beasiswa ke berbagai negara karena dinilai memiliki keahlian dalam bidang bahasa. Menguasai bahasa Inggris dengan nilai TOEFL di atas rata-rata sudah menjadi syarat utama dalam berbagai pendidikan di luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar