Senin, 22 April 2013

Tips Menghadapi Gugup Ketika Presentasi Bahasa Inggris

Dalam perguruan tinggi, pelajaran bahasa Inggris yang diajarkan di kelas tidak akan sama dengan pelajaran yang diajarkan ketika kamu masih menduduki bangku sekolah. Di perguruan tinggi kamu dianggap telah menguasai bahasa Inggris, sehingga kamu hanya diminta untuk memperlancar kemampuan bahasa Inggrismu di kelas dengan teknik presentasi. Apalagi jika kamu mengambil jurusan yang berhubungan dengan komunikasi. Presentasi dan bahasa Inggris menjadi dua hal yang sangat penting untuk dikuasai.

Teknik presentasi yang kamu pelajari nantinya akan sangat berguna untuk karir kamu. Di dunia kerja, akan banyak sekali orang-orang yang akan ditemui untuk mengembangkan bisnis tempat kamu bekerja. Jika kamu mempelajari teknik presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris, kamu tidak akan merasa bingung jika nantinya kamu berhadapan dengan orang-orang, apalagi yang berasal dari luar negeri.

Untuk dapat menguasai presentasi dengan bahasa Inggris, kamu harus percaya diri dan menguasai speaking. Menguasai speaking tidak akan mudah bila tidak disertai dengan percaya diri. Seringnya gugup dan takut menghampiri sesaat sebelum presentasi dimulai. Beberapa tips berikut ini akan membantu kamu untuk meningkatkan rasa percaya diri saat ingin melakukan presentasi dengan bahasa Inggris.

Tarik nafas dan rileks sejenak membuat pikiran kamu tidak tegang. Menarik nafas dapat membuat kamu seakan-akan membuang beban yang kamu rasakan. Kamu akan lebih santai dan tenang dalam menghadapi presentasi tersebut. Lakukan beberapa kali sebelum presentasi sambil berdoa untuk kelancaran.

Jangan menghafal. Menghafal akan membuat kamu lebih gugup karena takut lupa dengan apa yang ingin kamu ucapkan. Saat gugup dan takut, pikiran kamu akan nge-blank hingga membuat kamu lupa dengan apa yang selama ini kamu hafalkan. Pahami materi secara penuh, sehingga kamu tahu apa yang akan kamu bicarakan di depan orang-orang.

Berlatih dengan serius dan rutin. Semakin banyak berlatih, semakin siap juga kamu untuk menghadapi presentasi. Latihlah pelafalan bahasa Inggris dengan benar, sehingga kamu dapat lancar berbicara tanpa takut salah. Semakin takut, akan semakin gugup dan semakin bingung untuk membicarakan apa yang seharusnya kamu bicarakan saat presentasi.

Mintalah bantuan beberapa teman untuk menjadi audience saat kamu menjadi pembicara. Latihan seperti itu akan membiasakan kamu untuk percaya diri di depan orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar